Start at the beginning, go to the end, then stop. That’s how I write. I write quickly. I don’t try to show how intelligent or how cultivated I am, I just try to share my soul. Sharing is part of life. - Lewis Carroll

Monday, January 7, 2013

How Great "HARMONY" Korean Movie is!


Pernah nonton film lepas Korea yang judulnya “Harmony”? Buat yang udah pernah nonton, mari kita kupas sama-sama intisari cerita dan nilai-nilai dari film itu. Buat yang belum nonton, coba deh cari dan nikmati filmnya, dijamin dari awal nonton sampai akhir pasti akan sesenggukan.

Film dibuka dengan perjuangan seorang wanita melahirkan bayinya, padahal ia berstatus narapidana. Dari situ, saya sudah terkagum-kagum karena suasana penjara yang begitu rapi dan ‘bersahabat’, bila tak hendak disebut nyaman dan ‘membuat kerasan’. Sel kecil yang dihuni beberapa orang sekaligus ditata bak naungan satu keluarga, karena ada seorang bayi yang sedang tumbuh di dalamnya. Min-woo, putra Jeong-hye yang tidak bisa menyanyi sehingga anaknya itu pun malah menangis ketika dininabobokan.

Mendadak Jeong-hye memperoleh ide untuk menyusun program ‘reformasi’ (barangkali untuk menambah semangat para tahanan wanita di balik tembok penjara itu) berupa paduan suara. Dengan gigih ia mengajak Kim Moon-ok, mantan profesor musik, untuk menjadi konduktor, Sipir Kong menyalurkan bakat bermain piano, kemudian pencarian berlanjut pada pemilik suara soprano jernih yang menggetarkan hati supaya paduan suara ini bertambah lengkap. Jeong-hye bersemangat karena Kepala Penjara memenuhi harapannya untuk memberi satu hari di luar supaya Min-woo mendapat suasana baru.

Sumber:

Apa yang menjadi menarik dari film ini? Berbeda dari kebanyakan film korea yang berbau dan bergenre romantika, film ini menyuguhkan sisi kemanusiaan dan kesatuan. Menurutku sutradara dan penulis cerita berhasil menyiratkan nilai-nilai yang tersimpan dalam film itu. Banyak hal yang bisa aku dapat ketika aku menonton film ini. Aku belajar tentang pemulihan gambar diri, penerimaan satu orang dengan yang lain, pengampunan, harapan, berpikir positif, dan masih banyak lagi deh.

So, kalau kalian penasaran sebagus apa sih film ini, kalian bisa mulai menontonnya. Dijamin ga akan ada kata menyesal malah mungkin bisa ketagihan untuk mononton ulang. Tapi saranku kalau mau nonton ini siapkan tissue deh yang banyak dan jangan heran kalau air mata ga bisa berhenti mengalir hehehehehe….. Selamat menonton dan meresapi arti yang tersirat dari film ini…

Buat lebih tau mengenai film ini bisa klik link berikut ini:



No comments:

Post a Comment