Start at the beginning, go to the end, then stop. That’s how I write. I write quickly. I don’t try to show how intelligent or how cultivated I am, I just try to share my soul. Sharing is part of life. - Lewis Carroll

Tuesday, August 14, 2012

Antara Berharap VS Move On

Kemarin malam seseorang bertanya padaku: "Apakah berharap itu perlu?"
Kataku, "Ya berharap itu penting. Karena dengan berharap kita bisa terus memikirkan dan melakukan yang baik untuk esok dan masa depan."
Dia balas menjawabku dengan pertanyaan berikutnya: "Tapi masihkah perlu untuk berharap bila kita dipaksa untuk berhenti berharap?"
Aku terdiam sejenak memikirkan pertanyaan yang dilontarkannya. Sepertinya pembahasan malam itu sedikit agak berat. Lama aku merenungkan kata-kata apa yang pas, aku menjawabnya lagi:
"Tidak ada yang bisa menghentikan kita untuk berharap. Tidak ada yang boleh. Karena ketika kita berharap saat itu juga kita sedang melatih iman kita untuk percaya dan mengandalkan Tuhan."
"Tapi bila kita sadar apa yang kita harapkan itu tidak akan terjadi, masihkah kita perlu berharap untuk itu? Atau kita harus melangkah dan berharap pada sesuatu yang lain?"
"Ada hal yang bisa kita ubah, dan ada yang tidak bisa kita ubah. Berharaplah untuk segala sesuatu yang kita tau bisa kita ubah. MOVE ON, itu bisa membawa kita pada suatu pengharapan yang lain."
Dan percakapan malam itu pun berakhir, kami sama-sama memejamkan mata dan berharap esok akan ada hari yang lebih luar biasa.

No comments:

Post a Comment