Start at the beginning, go to the end, then stop. That’s how I write. I write quickly. I don’t try to show how intelligent or how cultivated I am, I just try to share my soul. Sharing is part of life. - Lewis Carroll

Wednesday, September 26, 2012

Akibat Ke - KEPO - an


Siapa bilang kepo alias selalu mau tau itu negatif terus-terusan? Tergantung juga sih kepo dalam hal apa. Kalau kepo masalah orang lain yang ada ujungnya adalah bergosip, itu yang bikin negatif karena secara ga sadar kita jadi berasumsi bahkan bisa membenci orang tertentu. Tapi kalau kepo tentang hal-hal aspek-aspek kehidupan ya itu mah ga masalah kan.

Aku termasuk salah satu orang kepo. Dari kecil kata mama udah keliatan keponya. Mau tau ini, mau tau itu, coba yang ini, coba yang itu, tanya ini, tanya itu, sampe pusing. Aku juga termasuk anak yang aktif waktu masuk taman kanak-kanak, terbukti mama juga ikut aktif dipanggil wali guru karena aku sering berantem sama teman-teman satu kelas gara-gara aku kepo mereka lagi main apa dan aku rebut mainannya hahahahaha.

Usia bertambah tapi kekepoan ga ilang juga. Malah makin parah sampe mengarah kepo yang negatif. Itu karena salah pergaulan juga sih dan terlalu banyak ikut campur urusan orang. Akhirnya karena tau itu ga bener aku stop buat kepo yang begitu-begitu. Ga ada gunanya juga malah makin nambah musuh dan dijauhin orang.

Seiring berjalannya waktu, kekepoan aku juga semakin mengarah yang positif. Aku terus mengendalikan diri buat kepoin orang lain dan coba mengalihkan diri dengan kekepoan jenis lain. Jaman juga makin canggih jadi aku bisa kepo tentang banyak hal dimana aja. Aku mulai aktif ikut forum di dunia maya, dan aku juga punya website pribadi sebagai media untuk aku bisa menumpahkan ide dan sharing pengalaman hidup - ya meskipun begitu ada aja orang yang salah paham dengan tulisan-tulisan disana, mungkin masih belum mengerti kebebasan inspirasi dalam dunia tulis menulis itu seperti apa.

Kekepoan itu berlanjut ke hal yang lebih besar. Karena keterlibatan aku dalam berbagai forum dan diskusi, aku jadi ya sedikitnya update apa yang jadi trend topic saat ini. Nah dari kekepoan itu juga aku banyak melahirkan ide-ide dan membuat aku berpikir kreatif. Hal-hal yang aku kepoin itu menyangkut masalah info-info kesehatan, makanan, seputar hewan piaraan, properti, ngerti sedikit dunia politik, dll deh pokonya selama masih bisa aku kepoin :D.

Selain itu manfaat yang udah aku rasain adalah aku ga gampang diboongin orang dan ga dianggap si cupu yang ga tau apa-apa. Satu pengalaman menarik juga akibat kekepoan itu aku dicap sebagai orang yang diluar dugaan. Bawaan lahir boleh pendiam, tapi diam-diam menghanyutkan juga kan :D. Akhirnya banyak orang yang bertanya pendapat dan ide.

So masih berpikir kepo itu bahaya? Ga juga kan ternyata. Teruslah kepo dalam hal positif. Karena dari kekepoanmu yang positif itu kamu bisa membantu orang lain dalam menyelesaikan masalah mereka atau sekedar memberi masukan dan ide pada orang lain. 

No comments:

Post a Comment