Start at the beginning, go to the end, then stop. That’s how I write. I write quickly. I don’t try to show how intelligent or how cultivated I am, I just try to share my soul. Sharing is part of life. - Lewis Carroll
Thursday, December 9, 2010
Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia
Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan saat ini telah menjadi konsep yang kerap kita dengar, walau definisinya sendiri masih menjadi perdebatan di antara para praktisi maupun akademisi. Sebagai sebuah konsep yang berasal dari luar, tantangan utamanya memang adalah memberikan pemaknaan yang sesuai dengan konteks Indonesia.
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah sebagian langkah solusi yang sudah dipraktikkan secara global pada 20 tahun terakhir ini, dengan berbagai tingkatan kinerja. Di Indonesia, CSR saat ini dapat digambarkan sebagai potensial sekaligus merisaukan. Potensial karena dijumpai banyak indikasi positif seperti: penyelenggaraan PROPER oleh Kementerian Lingkungan Hidup, penganugerahan CSR Award, Forum BUMN untuk community development (comdev), naiknya keanggotaan organisasi-organisasi perusahaan yang mempromosikan CSR, maraknya seminar dan pelatihan CSR serta pembentukan divisi/departemen yang menangani CSR di berbagai perusahaan, terutama korporasi. Perusahaan-perusahaan berskala lebih kecil juga sudah mulai mengikuti kecenderungan ini.
Tujuan dari CSR adalah agar semua pihak dapat beranjak dari pemahaman yang memadai ketika berbicara tentang CSR, yaitu sebagai suatu wahana yang dapat dipergunakan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.
Di Indonesia sendiri CSR telah berkembang dengan sangat cepat. Banyak perusahaan yang telah menerapkan konsep ini agar mendapat citra baik di mata masyarakat dan bisa membuat brand image yang baik. Sudah banyak terdapat organisasi yang menyuarakan tanggung jawab sosial dalam masyarakat. Berikut adalah contoh organisasi independen CSR yang ada di Indonesia:
1. Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) adalah organisasi kemasyarakatan independen yang anggotanya terdiri dari komunitas-komunitas masyarakat adat dari berbagai pelosok nusantara. AMAN merupakan wadah perjuangan bersama masyarakat adat untuk menegakkan kedaulatan masyarakat adat secara politik, kemandirian secara ekonomi dan untuk bermartabat secara budaya.
http://www.aman.or.id/
2. Business Watch Indonesia (BWI) adalah sebuah lembaga nirlaba riset dan advokasi yang berdiri di Surakarta pada September 2002 sebagai kristalisasi gagasan mengenai demokratisasi kekuasaan bisnis yang telah didiskusikan. BWI memperkenalkan cara pandang baru tentang pembaruan demokrasi khususnya dalam praktek kekuasaan bisnis.
www.fair-biz.org
3. Corporate Forum for Community Development (CFCD) merupakan sebuah forum yang digagas dan dibentuk 15 perusahaan para peserta Short Course Community Development for Company yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Wilayah dan Perkotaan (PUSWIKA) – Universitas Indonesia tahun 2002. Forum ini bersifat independen dan dibentuk sebagai wadah bagi para Community Development Officer (CDO) untuk mengembangkan pengetahuan dalam bidang pengembangan masyarakat dan membangun jejaring dengan lembaga lintas sektoral seprti LSM, pemerintah dan universitas. .
http://www.cfcdcenter.or.id
4. Dompet Dhuafa Republika adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Kelahirannya berawal dari empati kolektif komunitas jurnalis yang banyak berinteraksi dengan masyarakat miskin, sekaligus kerap jumpa dengan kaum kaya. Digagaslah manajemen galang kebersamaan dengan siapapun yang peduli kepada nasif dhuafa. Empat orang wartawan yaitu Parni Hadi, Haidar Bagir, S. Sinansari Ecip, dan Eri Sudewo berpadu sebagai Dewan Pendiri lembaga independen Dompet Dhuafa Republika.
http://www.dompetdhuafa.or.id/
5. GreenPeace Asia Tenggara merupakan posisi kunci untuk menentukan keamanan lingkungan global. Selama 30 tahun terakhir, Greenpeace telah suskes berkampanye di negara-negara industri untuk mengurangi dan menghapuskan polusi dan degradasi lingkungan. Tetapi, usaha-usaha dan capaian ini dapat dengan mudah diputarbalikkan pada saat perusahaan-perusahaan multinasional tersebut tetap mengekspor teknologi kotor yang mengakibatkan penurunan dampak lingkungan di wilayah ini. Dengan demikian, setelah penjajakan bertahun-tahun dan berkampanye di negara-negara kunci, akhirnya Greenpeace berhasil membuka kantor di wilayah ini. Greenpeace Asia Tenggara sercara resmi didirikan pada tanggal 1 Maret, tahun 2000.
http://www.greenpeace.org/seasia/id/
6. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) merupakan organisasi profesi terdepan dalam pengembangan pengetahuan dan praktik akuntansi, manajemen bisnis dan publik, yang berorientasi pada etika dan tanggung jawab sosial, serta lingkungan hidup dalam perspektif nasional dan internasional.
http://www.iaiglobal.or.id/
7. Indonesia Business Links (IBL) is a not-for-profit foundation and it was established in the wake of the Indonesian economic crisis. A major aim of the organization is to contribute towards the creation of sound and ethical business practices in the country. The organization is an affiliate of the Prince of Wales International Business Leaders Forum (known also as PW-IBLF or IBLF).
http://www.ibl.or.id/
8. Indonesia Center for Sustainable Development (ICSD) adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh banyak pihak untuk mendorong terjadinya proses sinergis dalam implementasi pembangunan berkelanjutan (sustainable development) di Indonesia.
http://www.icsd.or.id
9. Indonesia Mining Association (IMA) is a non-governmental, non-political, non-profit organization established in accordance with the laws of the Republic of Indonesia. The headquarters and registered office of the association shall be situated within Jakarta. The association serves as a link between Government and the mining industry, organizing lectures, seminars and training activities for the members, organizing periodic conference on mining in Indonesia, publishes proceedings and mining information, and represents the Indonesian mining industry at national and international meetings.
http://www.ima-api.com
10. Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) adalah jaringan organisasi non pemerintah (ornop) dan organisasi komunitas yang memiliki kepedulian terhadap masalah-masalah HAM, gender, lingkungan hidup, masyarakat adat dan isu-isu keadilan sosial dalam industri pertambangan dan migas.
http://www.jatam.org/
11. KADIN Indonesia merupakan wadah dan wahana komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi dan advokasi pengusaha Indonesia, antara para pengusaha Indonesia dan pemerintah, dan antara para pengusaha Indonesia dan para pengusaha asing, mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah perdagangan, perindustrian, dan jasa dalam arti luas yang mencakup seluruh kegiatan ekonomi, dalam rangka membentuk iklim usaha yang bersih, transparan dan profesional, serta mewujudkan sinergi seluruh potensi ekonomi nasional.
http://www.kadin-indonesia.or.id/
12. Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat adalah organisasi advokasi kebijakan yang berdiri sejak Agustus 1993 di Jakarta. Untuk mencapai tujuannya, ELSAM melakukan usaha-usaha sebagai berikut: (1) Melakukan pengkajian terhadap kebijakan-kebijakan (policies) dan atau hukum (laws and regulations), penerapannya, serta dampaknya terhadap kehidupan sosial, ekonomis, dan budaya , masyarakat; (2) Mengembangkan gagasan dan konsepsi atau alternatif kebijakan atas hukum yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat dan melindungi hak asasi manusia; dan (3) Melakukan advokasi dalam berbagai bentuk bagi penenuhan hak-hak, kebebasan, dan kebutuhan masyarakat yang berkeadilan; Menyebarluaskan informasi berkenaan dengan gagasan, konsep, dan kebijakan atau hukum yang berwawasan hak asasi manusia, demokrasi, dan keadilan di tengah masyarakat luas.
http://www.elsam.or.id/index.php
13. Magister Management CSR Universitas Trisakti adalah pioneer di Indonesia yang menyelenggarakan program Strata-Dua (S2) dengan memberikan pendidikan filosofi yang benar mengenai CSR dilengkapi dengan kasus-kasus nyata CSR di Indonesia dengan mutu pendidikan standard internasional.
http://www.mmcsrusakti.org/
14. National Centre for Sustainability Reporting (NCSR) adalah lembaga yang berfungsi untuk mengembangkan standard dan meningkatkan kualitas laporan keberlanjutan, menegakkan tata kelola yang baik (good governance), menciptakan kepercayaan stakeholders, dan wadah untuk komunikasi, konsultasi, koordinasi serta usaha-usaha bersama lain yang diperlukan dalam “Manajemen Keberlanjutan” (Sustainability Management) sehingga tumbuh dunia usaha Indonesia yang sehat, berdaya saing tinggi, dan berkelanjutan (sustainable).
http://www.ncsr-id.org/
15. Pelangi Indonesia adalah lembaga penelitian mandiri yang mengembangkan pengetahuan isu lingkungan global untuk membentuk masyarakat yang mampu mengatur dan menjaga kualitas sumberdaya alam dan lingkungannya serta mencapai kesejahteraan sosial ekonomi yang berkeadilan dan demokratis.
http://www.pelangi.or.id/
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment